Langsung ke konten utama

Menikah mahalkah ?



Assalamualaikum sahabat,
Akhir-akhir ini aku disibukkan dengan berbagai curhatan teman-teman baik dunia maya dunia lina dunia siapa lagi. Curhatannya adalah pasal menikah. Alhamdulillah saya sendiri sudah menikah, bahkan menikah diusia yang masih muda 19 & 20 tahun. Sebenernya saya sendiri bukan ahli pernikahan alias wedding organizer. Yaa hanya bermodal pengalaman belaka.

Kebanyakan dari mereka menanyakan nikah kemarin habis lebih dari 25 juta ga ? atau habis berapa puluh juta kira-kira ?.

Jujur sebenernya nikah itu GRATIS , kitanya aja yang kadang pengen Bayar. Awalnya sih ya niatku nikah itu gak perlu pake resepsi-resepsian pengennya sih hari Jumat aja biar kitanya yang ke KUA, tapi berhubung ada pihak yang menginginkan untuk ganti hari jadi Ahad terpaksanyalah Bapak Naif nya yang diundang kerumah.

Berdasarkan tarif dari pemerintah sih kalau pak naifnya yang datang kerumah kita dikenai biaya kurang lebih 600ribu dan dibayarkan melalui kantor pos (pengalamanku). Nah berhubung tatangga menyarankan nikah itu kan sekali seumur hidup jadi gapapa agak bagusan. Dan disini aku akan memberikan tips buat yang ingin mengadakan resepsi yang lumayan bagus tapi budget minimalis.

  1. .      Gunakan lahan tetangga/ pekarangan rumah/ Gedung desa.

Memilih tempat pernikahan merupakan suatu hal yang penting, dimana nanti akan berlangsungnya pernikahan mulai dari ijab qobul hingga selesainya acara. Jika kita tinggal di lingkungan yang lahannya masih luas, maka lebih baik menggunakan lahan pekarangan rumah, jika terpaksanya meminjam lahan tetangga, pastikan dulu sudah mendapatkan izin.

Tapi jika disekitar rumah sudah tidak ada lahan lagi, maka lebih baik diadakan di gedung serbaguna milik pemerintah, biasanya hanya dikenai biaya kebersihan dan tidak semahal sewa gedung milik swasta.

 2. Sewa tenda dan kursi dari tetangga/ RT RW

Sewa tenda serta kursi biasanya lebih murah jika kita ambil dari perangkat dusun / dari tetangga, selain jaraknya dekat, bisa dapat harga lebih murah. Biasanya peralatannya tidak hanya kursi dan tenda, bahkan ada gelas, piring, dan baki/nampan sekalian.
kursi dan tenda.



3.      Masak sendiri

Jika kamu masih tinggal di pedesaan yang kekeluargaannya masih kental, bersyukurlah karena tetanggamu masih mau direpotkan untuk masak di hajatan tetangga. Dan ini yang aku suka, rumah berasa ramai dan banyak saudara dan tetangga kumpul jadi satu. Keluarga sendiri sudah berniat untuk tidak menggunakan system prasmanan, selain lahannya yang tidak memadahi, keluarga juga berusaha agar tamu undangan dapat menikmati hidangan ditempat mereka masing-masing, menghindari standing party.

Dan untuk urusan mengantarkan hidangan, ajak anak-anak karang taruna, atau remaja masjid untuk membantu menghantarkan hidangan saat hari H. Selain menguatkan sosialisasi antar tetangga, hal tersebut juga bisa mengurangi budget.


4 4..       Pilih dekorasi yang sederhana.

Kebanyakan dekorasi mahal dibagian bunganya, jika menggunakan bunga asli bisa berkali lipat daripada dekorasi jika hanya dengan bunga imitasi. Maka dari itu jika ingin meminimalisir, biaya lebih baik gunakan dekorasi sederhana dan menggunakan bunga imitasi saja. Dan usahakan gunakan produk dalam dusun, alias milik tetangga juga, sekalian berbagi rezeki dan mengurangi biaya tambahan.
contoh dekorasi sederhana


5.        Pilih penata rias yang sudah dikenal.

Memilih penata rias juga salah satu hal yang penting dalam sebuah pernikahan. Biasanya memilih penata rias sudah sepaket dengan sewa baju pengantin dan keluarga. Jangan lupa bicarakan apa yang diinginkan dan berapa budgetnya, pilih yang simple tapi tetap terkesan mewah, bahkan baju untuk keluarga besar juga perlu dibicarakan, berapa banyak, jika tidak ingin terlalu banyak budget, pilihlah saudara terdekat saja. Dan sebaiknya tidak usah membeli baju, dikarenakan hanya dipakai sekali, mubadzir jika harus membeli baju pengantin beserta keluarga.
contoh riasan dan pakaiannya.


6.        Pakai jasa fotografi anak kuliahan/ hobby fotografi.

Biasanya banyak banget nih anak-anak kuliahan yang masih belajar fotografi dan hasilnya juga lumayan bagus. Apalagi anak kuliahan gini seneng banget dapat job fotografi, untuk menambah pengalaman fotografi serta nambah uang saku meski gak sebanyak fotografer yang sudah ahli. Dan itu yang aku terapkan di pernikahanku kemarin, memakai jasa teman yang hobby fotografi, selain menambah pengalaman hal tersebut juga dapat mengurangi budget yang harus dikeluarkan. Dan mintalah hasil soft copy saja, lalu print sendiri di printshop, dijamin hemat budget. Meski sedikit ribet harus print sendiri, tapi gak ada salahnya untuk dicoba bukan ?




7.       Ganti live music dengan pengajian/ sound biasa saja.


Bagi yang beragama muslim tentunya akan lebih baik mengganti live music dengan pengajian saja selain tidak perlu banyak keluar uang, manfaatnya juga lebih banyak. Tapi jika tetap ingin ada music, maka sebaiknya menggunakan music yang berasal dari DVD / kaset sound biasa saja. Biasanya petugas sound sudah memiliki beberapa judul lagu dalam bentuk kaset/ DVD untuk pernikahan. Selain lebih hemat uang, juga lebih hemat tempat.

Komentar