Assalamualaikum sahabat,
Akhir-akhir ini aku disibukkan dengan berbagai curhatan
teman-teman baik dunia maya dunia lina dunia siapa lagi. Curhatannya adalah
pasal menikah. Alhamdulillah saya sendiri sudah menikah, bahkan menikah diusia
yang masih muda 19 & 20 tahun. Sebenernya saya sendiri bukan ahli
pernikahan alias wedding organizer. Yaa hanya bermodal pengalaman belaka.
Kebanyakan dari mereka menanyakan nikah kemarin habis lebih
dari 25 juta ga ? atau habis berapa puluh juta kira-kira ?.
Jujur sebenernya nikah itu GRATIS , kitanya aja yang kadang
pengen Bayar. Awalnya sih ya niatku nikah itu gak perlu pake resepsi-resepsian
pengennya sih hari Jumat aja biar kitanya yang ke KUA, tapi berhubung ada pihak
yang menginginkan untuk ganti hari jadi Ahad terpaksanyalah Bapak Naif nya yang
diundang kerumah.
Berdasarkan tarif dari pemerintah sih kalau pak naifnya yang
datang kerumah kita dikenai biaya kurang lebih 600ribu dan dibayarkan melalui
kantor pos (pengalamanku). Nah berhubung tatangga menyarankan nikah itu kan
sekali seumur hidup jadi gapapa agak bagusan. Dan disini aku akan memberikan
tips buat yang ingin mengadakan resepsi yang lumayan bagus tapi budget
minimalis.
- . Gunakan lahan tetangga/ pekarangan rumah/ Gedung desa.
Memilih tempat pernikahan merupakan suatu
hal yang penting, dimana nanti akan berlangsungnya pernikahan mulai dari ijab
qobul hingga selesainya acara. Jika kita tinggal di lingkungan yang lahannya
masih luas, maka lebih baik menggunakan lahan pekarangan rumah, jika
terpaksanya meminjam lahan tetangga, pastikan dulu sudah mendapatkan izin.
Tapi jika disekitar rumah sudah tidak ada
lahan lagi, maka lebih baik diadakan di gedung serbaguna milik pemerintah,
biasanya hanya dikenai biaya kebersihan dan tidak semahal sewa gedung milik
swasta.
2. Sewa tenda dan kursi dari tetangga/ RT RW
Sewa tenda serta kursi biasanya lebih murah
jika kita ambil dari perangkat dusun / dari tetangga, selain jaraknya dekat,
bisa dapat harga lebih murah. Biasanya peralatannya tidak hanya kursi dan
tenda, bahkan ada gelas, piring, dan baki/nampan sekalian.
| kursi dan tenda. |
3. Masak sendiri
Jika kamu masih tinggal di pedesaan yang
kekeluargaannya masih kental, bersyukurlah karena tetanggamu masih mau
direpotkan untuk masak di hajatan tetangga. Dan ini yang aku suka, rumah berasa
ramai dan banyak saudara dan tetangga kumpul jadi satu. Keluarga sendiri sudah
berniat untuk tidak menggunakan system prasmanan, selain lahannya yang tidak
memadahi, keluarga juga berusaha agar tamu undangan dapat menikmati hidangan ditempat
mereka masing-masing, menghindari standing party.
Dan untuk urusan mengantarkan hidangan,
ajak anak-anak karang taruna, atau remaja masjid untuk membantu menghantarkan
hidangan saat hari H. Selain menguatkan sosialisasi antar tetangga, hal
tersebut juga bisa mengurangi budget.
4 4..
Pilih dekorasi yang sederhana.
Kebanyakan dekorasi mahal dibagian
bunganya, jika menggunakan bunga asli bisa berkali lipat daripada dekorasi jika
hanya dengan bunga imitasi. Maka dari itu jika ingin meminimalisir, biaya lebih
baik gunakan dekorasi sederhana dan menggunakan bunga imitasi saja. Dan
usahakan gunakan produk dalam dusun, alias milik tetangga juga, sekalian
berbagi rezeki dan mengurangi biaya tambahan.
| contoh dekorasi sederhana |
5. Pilih penata rias yang sudah dikenal.
Memilih penata rias juga salah satu hal
yang penting dalam sebuah pernikahan. Biasanya memilih penata rias sudah
sepaket dengan sewa baju pengantin dan keluarga. Jangan lupa bicarakan apa yang
diinginkan dan berapa budgetnya, pilih yang simple tapi tetap terkesan mewah,
bahkan baju untuk keluarga besar juga perlu dibicarakan, berapa banyak, jika
tidak ingin terlalu banyak budget, pilihlah saudara terdekat saja. Dan
sebaiknya tidak usah membeli baju, dikarenakan hanya dipakai sekali, mubadzir
jika harus membeli baju pengantin beserta keluarga.
| contoh riasan dan pakaiannya. |
6. Pakai jasa fotografi anak kuliahan/ hobby
fotografi.
Biasanya banyak banget nih anak-anak
kuliahan yang masih belajar fotografi dan hasilnya juga lumayan bagus. Apalagi
anak kuliahan gini seneng banget dapat job fotografi, untuk menambah pengalaman
fotografi serta nambah uang saku meski gak sebanyak fotografer yang sudah ahli.
Dan itu yang aku terapkan di pernikahanku kemarin, memakai jasa teman yang
hobby fotografi, selain menambah pengalaman hal tersebut juga dapat mengurangi
budget yang harus dikeluarkan. Dan mintalah hasil soft copy saja, lalu print
sendiri di printshop, dijamin hemat budget. Meski sedikit ribet harus print
sendiri, tapi gak ada salahnya untuk dicoba bukan ?
7. Ganti live music dengan pengajian/ sound biasa
saja.
Bagi yang beragama muslim tentunya akan lebih
baik mengganti live music dengan pengajian saja selain tidak perlu banyak
keluar uang, manfaatnya juga lebih banyak. Tapi jika tetap ingin ada music,
maka sebaiknya menggunakan music yang berasal dari DVD / kaset sound biasa
saja. Biasanya petugas sound sudah memiliki beberapa judul lagu dalam bentuk
kaset/ DVD untuk pernikahan. Selain lebih hemat uang, juga lebih hemat tempat.
Komentar
Posting Komentar